Sabtu, 26 Maret 2011

YAQOWIYU, Ceremony Origin Klaten, Central Java, Indonesia


Yaqowiyu, sebuah acara adat yang berasal dari Jatinom, sebuah kecamatan yang berada di Klaten, Jawa Tengah. Yaqowiyu adalah sejarah ritual ini berawal dari pembagian kue apem oleh Ki Ageng Gribig pada 15 Safar 1511 H. Pada waktu itu, Ki Ageng Gribig baru saja pulang dari Mekah setelah menunaikan rukun Islam yang kelima dan membawa oleh-oleh kue apem dan segumpal tanah liat dari Arafah.

Yaqowiyu diperingati setiap bulan “Safar”, yaitu berdasarkan penanggalan Islam, maka sering disebut dengan “Saparan”. Pembagian kue “Apem” adalah salah satu keunikan didalam acara Yaqowiyu, kue Apem disebarkan secara Cuma-Cuma dalam jumlah yang tak tanggung-tanggung, bisa mencapai hingga ribuan kue yang akan disebar. Ribuan warga dari berbagai daerah dari kota Klaten maupun sekitarnya akan memadati lapangan tempat diadakanya upacara Yaqowiyu tersebut, masyarakat mempercayai bahwa kue apem yang disebar apabila dimakan akan mendatangkan berkah dan rejeki yang berlimpah dikemudian harinya.
Hingga sekarang upacara adat ini terus berjalan, setiap tahun selalu bertambah jumlah pengunjungnya dalam setiap upacara Yaqowiyu. 


Astarcy.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
wordpress web hosting