Kamis, 07 April 2011

Grebek Sekaten, Upacara Adat Media Berinteraksi

Upacara adat yang satu ini sangat meriah dan besar ketika hari diadakanya berjalan, karena acara adat yang satu ini diadakan oleh pihak Keraton Jogja, upacara yang diadakan setahun sekali ini sebenarnya bertujuan untuk memperingati hari lahir nabi Muhammad SAW, dan secara berkelanjutan menjadi media interaksi antara raja dengan para rakyatnya. Upacara adat ini meliputi bermacam-macam tahap dan melibatkan banyak pihak, baik dari keraton maupun warga Jogja, banyak pasukan keraton yang keluar untuk memeriahkan acara ini.

            Grebek Sekaten sangat ditunggu-tunggu kehadiranya oleh warga Jogja, karena Grebek Skaten juga sering disebut dengan “Pesta Rakyat” karena banyak masyarakat Jogja yang turut meramaikanya. Upacara ini diadakan di pelataran keraton Jogja dan di sekitar Alun-alun utara kota Yogyakarta. Saat upacara ini berjalan, alun-alun kota Yogyakarta akan menjadi lautan manusia, baik yang berasal dari Jogja, dari wilayah Klaten, Solo, kota-kota lain sekitar Jogja, hingga turis mancanegara yang sangat tertarik untuk menyaksikan dan mengikuti upacara adat ini.
            Dalam acara ini aka nada hidangan-hidangan khas Grebek Sekaten yang sangat unik, yaitu tumpeng nasi yang tingginya hingga 5 meter !, waw sangat unik, yang tentunya tumpeng yang diselimuti berbagai lauk-pauk seperti telur, kacang, abon, ayam, sayuran, mentimun, dan banyak lagi, dan jumlah dari tumpeng atau yang sering disebut “Gunungan” itu jumlahnya pun hingga 4 gunungan, yang nantinya akan diperebutkan para warga diakhir acara. Maka bila anda berkunjung ke Jogja, silahkan saksikan grebek sekaten yang diadakan setiap bulan Maulud dalam penanggalan Islam.
astarcy.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
wordpress web hosting