Rabu, 06 April 2011

KENDUREN, ADAT ISTIADAT BERSYUKUR ALA JAWA


            Kenduren, sering disebut juga kenduri, upacara adat yang satu ini adalah salah satu acara adat yang diadakan sebagai perwujudan dari rasa syukur kepada tuhan, atas terkabulnya do’a dan harapan. Meski Kenduren sebenarnya sangat banyak macamnya namun, kebanyakan Kenduren yang sekarang masih sering dilakoni oleh orang jawa yaitu Kenduren untuk bersyukur.
            Kenduren diadakan hanya dengan mengundang para tetangga sebelah, untuk berdo’a bersama dan bersyukur, Kenduren biasanya dihadiri oleh para lelaki dewasa khususnya yang telah berumah tangga, biasanya bila pemilik acara beragama muslim, maka kenduren akan berisi dengan pengajian, dan dihidangkan pula makanan-makanan khas yang biasanya ada dalam acara Kenduren, meliputi, Nasi Kuning yang sering dibuat menjadi tumpeng, telur, abon, ayam, sayur dan buah pisang, tentunya yang sangat khas dalam acara Kenduren yakni adalah hidanganya. Meski hidanganya tak semewah seperti acara-acara adat lainya, namun inilah perwujudan rasa syukur yang dimaksudkan oleh Kenduren itu sendiri.
            Acara kenduren kini mulai jarang dilakukan oleh orang jawa sendiri, hanya orang tertentu yang mau untuk mengadakanya, karena seiringya berjalan pergantian zaman, semakin jarang orang yang peduli terhadap adat istiadat yang ada dan dilakukan oleh para nenek moyang dahulu. Bagi orang jawa sendiri acara seperti ini sangat lumrah dilakoni apa seseorang telah mendapatkan apa yang dia inginkan, apalagi keinginan yang sangat besar, dan sangat sulit untuk didapatkan.


Astarcy.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
wordpress web hosting